Moana

I write this review in two language in bahasa and english. So, if you want to read it in english please scroll down. Thank you.

Processed with VSCO with hb2 preset

Judul                    : Moana

Tanggal tayang : 23 Nopember 2016

Sutradara            : Ron Clements, John Musker

Produksi              : Warner Bros

Durasi                   : 114 menit

Jenis film             : Animasi, Fantasi, dan Petualangan

Seorang wanita muda menggunakan bakat navigasinya berlayar ke sebuah pulau dongen. Bergabung di petualangan pahlawannya yang legendaris yaitu setengah dewa Maui.

Moana is a new Disney Princess. Seorang putri Polinesia dari pulau Motunui. Tidak seperti putri – putri yang lain, ia bukan berasal dari sebuah kerajaan melainkan seorang anak kepala suku. Sebelum cerita Moana dimulai dengan tokoh pria yang digerakan oleh hati dan otak. Namun, otak  pria tersebut lebih mendominasi memutuskan koneksi si pria dengan hatinya sehingga hidup si pria menjadi monoton. Pada akhirnya otak menyadari hidup harus dijalankan dengan keseimbangan agar si pria menikmati hidup bukan hanya sekedar hidup seperti robot. Wah, nonton video singkat ini bikin semangat buat lebih menikmati hidup daripada hidup untuk bekerja.

Nah, cerita Moana diawali dengan cerita dongeng dari Nenek Moana. Kisah seorang Maui, seorang manusia setengah dewa dari angin dan laut, yang mencuri jantung Te Fiti, dewi kesuburan tanah. Dalam perjalanannya sabit Maui terlempar jauh ke dasar laut dan Maui sendiri terdampar di pulau yang terisolir. Tanpa sabitnya Maui tidak memiliki kekuatan apa – apa. Nenek Moana yakin bahwa akan ada seseorang dari penduduk Montunui yang akan mengembalikan jantung Te Fiti ke tempatnya. Namun, ayah Moana yang seorang kepala suku tidak pernah mengizinkan siapapun keluar jauh melewati batu karang. Ayah Moana berharap Moana akan menjadi kepala suku yang bijaksana dan patuh terhadap peraturan yang ayahnya buat. Moana menyadari dirinya mencintai penduduk dan juga laut. Meski ia berusaha untuk menjadi seperti yang ayahnya katakan namun jauh dilubuk hatinya ia menginginkan menjelajahi laut yang luas. Keadaan penduduk Montunui tidak membaik, kelapa yang dipanen ternyata busuk, para nelayan tidak mendapatkan ikan seperti biasanya. Nenek Moana dan Moana menyadari ini akibat dari pencurian jantung Te Fiti yang dilakukan oleh Maui. Nenek Moana ternyata menyimpan rahasia yang sangat besar. Rahasia tentang leluhur Moana. Rahasia tentang alasan Moana begitumencintai laut. Alasan mengapa laut memilih Moana. Dari sinilah akhirnya Moana menjelajahi laut untuk meminta Maui mengembalikan jantung Te Fiti. Nah, buat kalian yang penasaran petualangan Moana menjelajahi laut ayo nonton di bioskop.

Buat aku film ini berkesan banget selain video pendek diawal yang mengingatkan kita tentang menikmati hidup, film ini juga mengingatkan lagi akan tujuan hidup kita. Kenapa kita dilahirkan? Dan sesungguhnya kita ini siapa? Moana mengajarkan untuk mendengarkan apa kata hati. Berjuang keras menaklukan rasa takut. Berjuang menaklukan ketidaktahuan. Dan yang lebih penting memperjuangan mimpi kita. When we are passing the comfort zone when learn something new. Kita belajar melihat dunia yang jauh lebih besar. Bahwa setiap keputusan yang kita ambil ada resiko yang ditanggung. Keluar dari comfort zone berarti kita memulai sesuatu yang ‘berbahaya’ cara menghadapi masalah yang sebelumnya kita tidak pernah hadapi. Pola pikir dan reaksi kita dalam menghdapi masalah menjadi terasah. Kita memandang dunia bukan berdasarkan lagi kacamata orang lain melainkan kacamata diri kita sendiri. Bahwa menurut orang lain dunia itu kejam, dunia itu berbahaya kita bisa menilai sendiri seberapa kejam? Seberapa berbahaya? Apakah bahaya berarti kita tidak bisa menghadapinya? Wah pokoknya bagus banget deh buat ditonton. It makes me wake up from the normal life. Bahwa hidup ini tuh bukan sekedar hidup cuma nyari uang, makan, nyari eksis, udah aja. Tapi juga tentang mengejar impian hidup bahagian bukan demi orang lain tapi juga mengikuti kata hati. Aku suka banget interaksi Moana dan ayahnya ngingetin masa kecil aku sama ayahku sendiri. Gak akan nyesel deh nontonnya soalnya gak bosen apalagi part nyanyi – nyanyinya seru banget. Suka banget sama dubbers-nya. Gambarnya bener – bener bagus banget. Deburan ombaknya. Pantainya. Semuanya perfect kayak beneran jadi pengen ke pantai deh abis nonton ini. Buat yang mau ngajak nonton anak kecil ini film bagus banget.

Desclaimer : film ini dapet nilai 9 dari 10. Bagus banget!

————————————————————————–

Processed with VSCO with c1 preset

Title                   : Moana

Date release    : November 23rd 2016

Director            : Ron Clements, John Musker

Production by : Disney

Duration          : 114 minute

Genre               : Animation, Fantasy, and Adventure

A young woman uses her navigational talents to set sail for fabled island. Joining her on the adventures is her hero, the legendary demi-god Maui.

Moana is a new Disney Princess. A Polinesian princess of Motunui. She isn’t like another Disney princess, She is a daughter of Chief Montunui. Before the story of Moana with a short video. It talks about a war between brain and heart inside a man. The brain dominated every step of a man life. It broke connection between a man and heart. But in the end the brain realize that a man life became flat. The brain realize that life is not only about itself but also about enjoy the life with heart’s will. If brain and heart work balance the man’s life will become colorful. After watched this video I realize that we have to live balance in life. Balance between enjoy the life and work for live.

Okay then story of Moana begin with fable from Moana’s grandma. Story life of Maui, demi-god of wind and sea, who stolen the heart of Te Fiti, Goddess of the island. In the end of the story Maui lost his hook and trap in the isolated island. Without his hook, he is nothing. Moana’s grandma believe that one day there is a man from Motunui who will free the Maui and bring back the heart of Te Fiti to the where it should be. But, the Chief aka Moana’s father never allow for anyone to pass the reef. The chief really hope that Moana will be a wise chief in the future and wieldy with the rules. Moana realize that she loves her people and she loves the sea too. She tries to be a good daughter for her father. But inside she really knows that she really wants to explore the sea. One day, the situation being bad for Montunui’s people. The coconuts are rotten. The fisherman didn’t get fishes. Moana and grandma know that it caused by the heart of Te Fiti. Grandma has keep a big secret from Moana. The secret of Moana’s ancestor. The reason why Moana really loves the sea. The reason why the sea picked Moana. From this secret Moana explore the sea to find Maui and bring back the heart of Te Fiti. Nah, for you who really curious with her adventure lets go to nearest cinema.

This movie really impress me. After unpredictable short video, Moana just wakes me up. Why we were born? What we mean to be? And honestly  Moana taught me to listen the voice of our heart. Moana really tough to beat out our fear. Finding a true story. And more important of that is fight for our dreams.Moana taught me to pass the comfort zone. When we are passing it when learn something new. We learn to see the world with our own eyes. We learn for everything we take is have a risks. Passing of the comfort zone is mean we through the dangerous. We learn how to take a decision. We learn how to react. Our mindset is learning something new. We see the dangerous or the cruel world with our own eyes not the other’s eyes. Waah I can’t explain more but this movie really really great. The relationship between Moana and the chief remind me with my relationship with my dad. His warm arm, carry on me when I just a little kid. Moana just makes me wake up from the normal life. That we live not only for money, eat, being exist in social media but it’s all about catch our dreams and listen the voice of our heart. For you who wants to watch this with kid, no doubt it would be incridible. You will not regret watch this, the movie isn’t flat cause there is so many sing in there. I really love the dubbers.

Desclaimer : this movie gets 9 points from 10. This movie is awesome!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s